Pembentukan dan Bagian-Bagian Bumi

Posted by Restorasi Gambut on

Bagaimana bumi terbentuk?
Bumi adalah planet dengan proses alami yang menyediakan lingkungan yang baik untuk kehidupan manusia, tumbuhan, dan binatang. Sebelum mempelajari iklim dan mengapa iklim berubah, penting bagi kita untuk meninjau beberapa informasi dasar tentang bumi dan proses alami yang memungkinkan adanya kehidupan di bumi.

Bagaimana bagian -bagian bumi bekerja bersama?
Bumi adalah planet yang dibentuk oleh batuan, mineral, tanah, air, gas, dan organisme hidup. Tiga bagian utama bumi adala bagian dalam atau inti, permukaan bumi, dan atmosfer atau area di atas permukaan bumi. Bagian-bagian bumi semuanya tersusun dari berbagai bahan:

·       Bagian dalam atau inti bumi sebagian besar tersusun dari batuan dan bahan padat atau tebal lainnya.
·       Permukaan bumi sebagian besar merupakan air. Samudra, danau, dan sungai meliputi 70% dari permukaan bumi—hampir tiga perempat. Sisanya adalah daratan—sekitar 30% atau sedikit lebih dari seperempatnya. Lebih dari 10% total daratan di bumi tertutup secara permanen oleh es.
·       Atmosfer atau udara tersusun dari gas tidak terlihat seperti nitrogen; oksigen, yang dihirup manusia, tumbuhan, dan binatang; karbon dioksida, yang diserap tumbuhan dan pohon sebagai bagian dari proses tumbuh; dan gas-gas lainnya. Atmosfer dimulai dari permukaan bumi sampai ke angkasa luar dengan banyak lapisan. Sebagian besar proses yang memengaruhi iklim bumi terjadi di lapisan atmosfer terendah, yang dimulai pada permukaan bumi sampai sekitar 10 mil atau 16 kilometer ke ruang angkasa. Lapisan atmosfer ini mengandung udara yang kita hirup.

Cara bumi tersusun dan cara berbagai macam bagiannya bekerja bersama menjadikan adanya kehidupan di bumi. Kondisi di atmosfer memengaruhi permukaan bumi dan daratan sedangkan air bumi memengaruhi atmosfer. Proses alami seperti fotosintesis—saat tanaman menyerap cahaya dan panas dari matahari serta karbon dioksida dari udara, dan melepaskan oksigen—membuat tanaman tumbuh dan menjaga udara kita tetap bersih. Iklim bumi adalah hasil dari proses alami yaitu—bagaimana daratan, air, dan udara bekerja bersama.

Previous
« Prev Post