Jenis dan Tipe Sekat Kanal Kayu

Posted by Restorasi Gambut on

Sekat dengan bahan konstruksi struktur/rangka utama terbuat dari kayu (umumnya kayu bulat) terdiri dari dua jenis yaitu sekat dengan rangka satu lapis (single sheet pile) atau juga sering disebut plank dam dan multi-lapis (multi-sheet piles) (Stoneman dan Brooks, 1997; Suryadiputra, dan lain-lain, 2005, Dohong, 2016).

1.1  Sekat Kayu Bulat Satu Lapis (Plank Dam)

Tipe sekat kayu bulat satu lapis (plank dam) umumnya dipakai untuk kegiatan penyekatan
kanal atau parit yang berdimensi kecil (lebar kanal kurang dari 2 meter), dengan debit air dan kecepatan air yang relatif sangat kecil. Sekat satu lapis dapat dilengkapi dengan perangkat peluap/pelimpah air (spillway) dan/atau tanpa peluap (non-spillway).

Contoh Tipe Sekat Satu Lapis Tanpa Peluap (Non-Spillway) (Foto & Ilustrasi : Alue Dohong)

Tipe Sekat Satu Lapis dengan Peluap (Desain : Lola C dan Foto: Alue Dohong)

1.2  Sekat Kayu Multi-Lapis (Multiple-sheet piles Dam)

Sekat kayu dengan struktur kayu multi-lapis adalah sekat kayu (umumnya kayu bulat) yang dibangun dengan barisan/susunan vertikal kayu bulat (lebih dari satu susunan) dan diantara susunan barisan kayu bulat vertikal tersebut diisi dengan karung-karung tanah atau tanah gambut matang (hemik/saprik). Tujuan pembuatan struktur kayu multi-lapis adalah agar dapat menahan tekanan air dan debit air yang relatif lebih besar. Tipe sekat kayu multi-lapis umumnya dipakai untuk penyekatan kanal-kanal berdimensi besar (lebar kanal >5 meter). Tipe sekat kayu bulat multi-lapis dapat dilengkapi dengan perangkat peluap/pelimpah air maupun tanpa peluap.

Pengisian rongga diantara lapisan sekat kayu direkomendasikan menggunakan tanah mineral atau tanah gambut yang sudah matang (hemik/saprik). Tidak dianjurkan untuk menggunakan pasir karena umumnya pasir akan terbawa arus air apabila karung (sak) tanah pembungkusnya terkelupas dan membusuk. Di samping itu, pasir tidak bisa dijadikan media tanam yang baik bagi tumbuhan kayu kalau di atas sekat-sekat kayu tersebut ada perencanaan untuk dilakukan penanaman kayu sebagai penguat. Dianjurkan sebelum karung-karung tanah diisi agar di sepanjang dinding bagian dalam sekat kanal dua dan multi lapis dilapisi dengan geotextile atau terpal guna mengatasi/mengurangi rembesan air melalui karung-karung tanah yang ada.

Contoh Desain Sekat Kayu Dua Lapis Tanpa Peluap (Spillway)
Contoh Gambar Desain Sekat Kayu Dua Lapis dengan Sistem Peluap (Spillway)

Contoh Gambar Sekat Kayu Dua Lapis dengan Sistem Peluap (Spillway)
 
Contoh Gambar Desain Sekat Kayu Multilapis Tanpa Peluap (Non-Spillway)
Contoh Gambar Sekat Kayu Multi-Lapis Tanpa Peluap (Non-Spillway)

Previous
« Prev Post