Pelatihan Manajemen Usaha Kelurahan Guntung

Posted by Restorasi Gambut on

Kegiatan Pelatihan Manajemen Usaha ini dilaksanakan di Aula Kelurahan Guntung  Kotamadya Dumai pada tanggal 12 – 14 Oktober 2017 pukul 08.00 WIB yang dihadiri oleh 17 orang anggota kelompok  perempuan Guntung Jaya  dengan Pemateri yaitu Bapak Rasidi selaku Pelaku Bisnis.

Hasil dari kegiatan Pelatihan Manajemen Usaha adalah sebagai berikut :

Memberikan pemahaman kepada kelompok perempuan mengenai Manjemen Usaha yang terdiri dari:
a)     Perencanaan usahatani disusun berdasarkan pengalaman dan evaluasi faktor-faktor tetap yang menentukan (jumlah uang yang tersedia, Konsumsi atau komersial,  jumlah tenaga yang tersedia, tanah dan iklim).
b)     Pengorganisasian Pada umumnya petani telah tahu bagaimana memeperkecil resiko usahataninya yaitu dengan jalan mengusahakan beberapa cabang usaha lebih dari satu macam.
c)     Pelaksanaan Petani sebagai manager dalam usahataninya memimpin pelaksanaan kegiatan untuk usahataninya dibantu oleh keluarga dan tenaga kerja dari keluarga. Sebagai seorang manager menggerakkan tenaga memperlancar proses produksi tersebut,sekaligus mencatatnya seluruh pelaksanaan kegiatan usahatani tersebut. 
d)     Pengawasan diperlukan dalam melihat apakah dari rencana yg telah dilaksanakan tersebut dapat memenuhi sasaran-sasaran yang telah dibuat atau belum. Apakah terjadi penyimpangan, mengapa terjadi penyimpangan tersebut, apakah ada faktor-faktor yang tidak dapat dikontrol dalam proses produksi.

Previous
« Prev Post