Agroforesty Kelurahan Guntung

Posted by Restorasi Gambut on

Kegiatan Agroforestry kelompok perempuan adalah penanaman bibit Jahe merah , untuk melakukan penanaman bibit jahe merah serangkaian tahapan harus dilakukan, mulai dari persiapan hingga bibit siap tanam. Berikut urutan proses yang dilalui dalam pelaksanakan kegiatan Agroforestry untuk Kelompok Perempuan Guntung Jaya :

1. Belajar Bersama Penanaman Jahe
Belajar Bersama Penanaman Jahe dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 15 Oktober 2017 pada pukul 09.00 WIB di Kediaman Ibu Juniarti selaku Ketua Kelompok Perempuan Kelurahan Mundam. Pada Pelatihan Penanaman ini di sampaikan oleh Bapak Rasidi selaku Pemateri. Belajar Bersama Penanaman Jahe yaitu pahamnya ibu-ibu dalam proses penanaman jahe yang disampaikan oleh Bapak Rasidi yang akan ibu-ibu terapkan pada tiap-tiap kelurahan. Adapun yang hadir dalam Pelatihan Penanaman Jahe ini berjumlah 32 orang yang terdiri dari perwakilan Kelompok perempuan yang ada di Kecamatan Medang Kampai, Kotamadya Dumai

2. Pertemuan Anggota Kelompok Perempuan membahas kesiapan lahan.
Pertemuan ini terlaksana  pada tanggal 15 oktober 2017 yang dihadiri oleh seluruh anggota kelompok Perempuan pada pukul 15.00 wib  membahas kesiapan lahan dan system pembagian kerja kelompok. Dalam pertemuan ini didapatlah hasil, bahwa lahan yang telah disepakati sebelumnya ternyata tidak bisa digunakan karna terlalu banyak tunggul pohon yang akan menyulitkan pengerjaan ibu –ibu kelompok Perempuan, maka alternatif solusi yang ditawarkan adalah menentukan lahan baru yang cocok untuk Ibu- ibu dan tidak terlalu menyulitkan,yaitu lahan di RT 02 Kelurahan Guntung seluas 50 m x 20 m yang selama ini menjadi lahan tidur, dan tidak dikelola, Bapak Abdul Wahab selaku ketua RT 02 bersedia bertanggung Jawab atas penggunaan lahan yang dikelola oleh ibu – ibu kelompok Perempuan. Dan dengan system pembagian kelompok kecil menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 5 orang anggota untuk memudahkan pemeliharaan tanaman jahe merah.

3. Pembersihan lahan Jahe
Pada tahap ini dilakukan penebasan rumput liar oleh anggota kelompok perempuan, yang dilakukan tanggal 17 – 18 oktober 2017 pukul 07.00 wib, pengerjaan penebasan dilakukan hingga pukul 11.00 wib, stelah ditebas rumput dibiarkan mengering satu hari untuk memudahkan ibu – ibu kelompok melangsir rumput liar tadi ketepian lahan. Selanjutnya pada tanggal 21 oktober 2017 ibu – ibu kelompok perempuan kembali melakukan gotong royong untuk membuat ‘bedengan’ jalur tanah yang digemburkan untuk tempat menanam jahe. Untuk kelanjutannya adalah penanaman bibit jahe, namun dikarenakan  cuaca yang belum juga turun hujan, jahe belum bisa ditanam lagsung, dikhawatirkan jahe akan mati karena kekeringan, penanaman akan dilanjutkan jika hujan mulai turun.

4. Penanaman Bibit Jahe Merah
Penanaman dilakukan tanggal 25 oktober 2017 oleh seluruh ibu – ibu kelompok perempuan  yang beranggotakan 20 orang pada pukul 15.00 wib. Setelah sehari sebelumnya telah turun hujan dan membasahi lahan yang telah digemburkan. Pekerjaan ini dilakukan secara gotong royong oleh ibu – ibu dengan system yang telah disepakati sebelumnya. Dalam kelompok Guntung jaya ini dibagi menjadi 4 kelompok , masing – masing kelompok memiliki 3 – 4 jalur bedengan yang harus ditanami dan dirawat.  

Previous
« Prev Post