Sosialisasi Program Kebakaran Hutan dan Lahan Kec. Medang Kampai

Posted by Restorasi Gambut on

Kelurahan Pelintung
Sosialisasi program tingkat kelurahan dilaksanakan Kamis, 30 Maret 2017 di Gedung sekolah MDTA(Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) Darul Ulum Selinsing kelurahan Pelintung Kotamadya Dumai. Peserta yang hadir sebanyak 29 orang dari 40 peserta yang di undang, 17 Peserta laki-laki yang hadir merupakan perwakilan dari Kepala Seksi Kelurahan, RT 09, 10, dan 11, Tokoh masyarakat Selinsing, Masyarakat Peduli Api (MPA) Pelintung, serta 12 Orang Perempuan dari  Kelompok Perempuan Bunga Desa.
Materi sosialiasi yang disampaikan mendapatkan respon positif dari kelompok perempuan untuk rencana kegiatan kerambah ikan di kanal, serta peningkatan kapasitas bagi Kelompok Perempuan Bunga Desa, sejalan dengan itu MPA Pelintung merespon positif terkait rencana kegiatan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, serta mengharapkan bantuan mesin pemadam kebakaran, karena sebelumnya ketika ada kebakaran MPA Pelintung meminjam peralatan Pemadaman milik Perusahaan di sekitar dan Pihak Kota Madya Dumai

Kelurahan Guntung
Sosialisasi program tingkat kelurahan di lakukan di Aula kelurahan Guntung kecamatan Medang Kampai Kotamadya Dumai pada hari jumat tanggal 31 Maret 2017 pukul 9.00 s/d selesai . Peserta yang hadir sebanyak 30 orang dari 40 peserta yang di undang, terdiri dari 12 orang kelompok perempuan, 7 orang anggota MPA, 4 orang ketua RT , 1 orang anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa), 1 orang anggota Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkantibmas), dan 5 orang staf kelurahan.
Anggota kelompok perempuan terlihat antusias mendengarkan sosialisasi kegiatan yang akan dilakukan di kelurahan mereka. Namun belum mendapatkan bayangan lokasi dimana akan dibuat bloking kanal dan kerambah ikan. Kelompok MPA sangat berterimakasih dengan adanya program ini dengan mengikutsertakan kelompok perempuan dalam kegiatan yang pada umumnya hanya dikerjakan oleh laki – laki dan akan mendukung penuh seluruh kegiatan program dan berharap pelatihan pemadaman terus diadakan dan bantuan alat dapat dimanfaatkan dengan baik

Kelurahan Mundam
Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada Jumat, 31 Maret 2017 di Aula Kelurahan Mundam bertujuan untuk menginformasikan kepada seluruh lapisan masyarakat kelurahan mundam mengenai program yang akan dilakukan di kelurahan mundam. Sosialisasi ini dihadiri oleh 33 orang (19 Orang Perempuan, 14 Laki-laki) yang terdiri dari  anggota kelompok perempuan, MPA kelurahan mundam, Ketua MPA Kec. Medang Kampai, Staf kelurahan, ketua RT, dan Babinkantibmas kelurahan Mundam.
Pada sosialisasi ini dibahas mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kelompok perempuan dan MPA. Selain itu juga dilakukan tanya jawab seputar kegiatan yang akan dilaksanakan di kelurahan Mundam. MPA kelurahan mundam dan kelompok perempuan sangat antusias dengan kegiatan ini. Mereka terlihat sangat bersemangat untuk menjalankan kegiatan ini. Pihak kelurahan juga mendukung penuh kegiatan ini.

Kelurahan Teluk Makmur
Kegiatan Sosialisasi Program di Kelurahan Teluk Makmur terlaksana pada tanggal 30 Maret 2017 di Lembaga Adat Riau pada pukul 14.00 WIB yang di hadiri oleh 37 peserta yang terdiri dari, perwakilan Kelurahan yaitu Kasi Trantip, Ketua MPA Kecamatan Medang kampai, Pak RT1, RT 2, RT 3, RT 4, RT 5, RT 6, Ketua MPA Teluk Makmur beserta anggota, Ketua Karang Taruna, Ketua LPMK, dan Kelompok Ibu-ibu Bunga Melati Teluk Makmur yang terdiri dari 21 anggota.
Tanggapan Kelompok Ibu-ibu Bunga Melati Teluk Makmur dan MPA sangat senang mendengar penjelasan yang di sampaikan oleh saudara Suryadi. Merekan sangat antusias mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di Kelurahan mereka. Untuk Ibu-ibu mendapat bantuan 4 buah kerambah yang akan mereka kelola besama-sama, pelatihan pembuatan pakan ikan yang berasal dari pakis yang terdapat di kelurahan mereka, Penanaman jahe dan diskusi-diskusi regular yang akan di laksanakan tiap bulanya. Untuk MPA akan mendapatkan bantuan alat pemadaman, peningkatakn kapasitas pemadaman, pembuatan Kanal Blocing serta penanamana pohon jelutung.

Previous
« Prev Post