Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan Kelurahan Pelintung

Posted by Restorasi Gambut on

Kegiatan peningkatan kapasitas dengan menghadirkan Narasumber Emi Andriati dengan Materi Dampak Kebakaran Hutan dan lahan terhadap Perempuan. Kegiatan ini adalah kegiatan peningkatan kapasitas kelompok perempuan. Kegiatan ini dihadiri anggota Kelompok Perempuan Bunga Desa berjumlah 15 orang. Kegiatan Terlaksana di kediaman ketua kelompok Perempuan Bunga Desa di RT 11 parit Muji.

Polusi di dalam rumah mempunyai dampak lebih besar karena penghuni rumah akan terpajan asap dalam konsentrasi tinggi selama bertahun-tahun. Pajanan kebakaran hutan biasanya berlangsung selama 4 – 5 bulan dalam setahun dan intensitasnya tergantung pada luas kebakaran hutan.

Proses kebakaran adalah sebuah proses kompleks yang melibatkan api, bahan bakar, faktor iklim termasuk ketinggian dan meteorologi. Pembakaran bahan organik adalah proses oksidasi yang menghasilkan uap air dan karbondioksida (CO2) sehingga terbentuk senyawa yang tidak teroksidasi sempurna (misalnya karbon monoksida) atau terbentuk senyawa tereduksi (misalnya metana dan amonia). Senyawa ini ditemukan dalam asap yang terdiri dari partikel terhirup iritan dan gas serta dalam beberapa kasus mungkin karsinogenik. Asap sendiri adalah kompleks campuran dengan komponen yang bergantung pada jenis bahan bakar, kadar air, bahan bakar aditif seperti pestisida yang disemprot pada dedaunan atau pohon

Pengaruh asap terhadap kesehatan terjadi melalui berbagai mekanisme, antara lain iritasi langsung, kekurangan oksigen yang menimbulkan sesak napas, serta absorpsi toksin. Cedera termal (luka bakar) terjadi pada daerah terkena pada permukaan eksternal tubuh, termasuk hidung dan mulut; luka bakar di bawah trakea jarang terjadi karena adanya efisiensi saluran napas bagian atas yang menyerap panas. Kematian karena menghirup asap tanpa luka bakar jarang terjadi <10 30-50="" asap="" bakar="" dengan="" karena="" kematian="" lebih="" luka="" menghirup="" o:p="" sedangkan="" sekitar="" sering="" yaitu="">(sekitar <10 30-50="" asap="" bakar="" dengan="" karena="" kematian="" lebih="" luka="" menghirup="" sedangkan="" sekitar="" sering="" span="" yaitu="">.

Previous
« Prev Post