Penduduk Desa Redang

Posted by Restorasi Gambut on

Secara umum, fasilitas yang dimiliki Desa Redang sudah cukup lengkap. Jaringan jalan terdiri atas jalan semen sepanjang 1,8 km dalam kondisi baik, jalan aspal sepanjang 7 km (dibangun pada tahun 1999) yang menghubungkan pusat desa dengan Desa Pekan Heran dalam kondisi cukup baik, jalan pasir batu (sirtu) sepanjang 2 km dalam kondisi cukup baik, serta jalan tanah sepanjang 5 km yang kondisinya rusak dan tidak bisa dilewati kendaraan pada musim hujan.

Sarana pendidikan yang tersedia berupa Sekolah Dasar Negeri (1 unit terletak di RT 5, Dusun Sri Danau) dan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) atau sekolah pendidikan agama setingkat SD sebanyak 2 unit (terletak di RT 12). Sarana ibadah terdiri atas 3 unit masjid (terdapat di RT 2, RT 8, dan RT 13) dan 5 unit musholla. Lokasi pemakaman tersebar di beberapa tempat dan yang terbesar berada di Dusun Sri Tanjung.

Desa memiliki 3 unit sumur bor dan 35 unit sumur gali. Bangunan kantor yang tersedia antara lain kantor desa (1 unit), Koperasi (1 unit), Puskesmas/polindes (1 unit terletak di RT 5), dan gedung serbaguna (1 unit). Sarana olah raga yang dimiliki meliputi lapangan sepak bola, lapangan bola voli (4 unit), lapangan badminton (3 unit), dan lapangan sepak takraw (1 unit). Desa juga terletak di sepanjang Sungai Indragiri yang biasa digunakan untuk olah raga sampan pacu jalur. Bahkan, Desa Redang terkenal dalam cabang olahraga sampan pacu jalur ini dan sering mewakili kabupaten dalam perlombaan di tingkat provinsi. Untuk sarana ekonomi, pasar mingguan desa bergabung dengan pasar di Desa Pekan Heran yang letaknya sekitar 3 km dari pusat desa.

Kependudukan
Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk di Desa Redang saat ini sebanyak 2.211 jiwa dengan jumlah keluarga sekitar 612 KK. Berdasarkan penuturan salah satu tokoh masyarakat, jumlah penduduk sudah bertambah tiga kali lipat dalam kurun waktu tujuh dekade terakhir. Masyarakat berdatangan karena infrastruktur jalan sudah membaik.

Tingkat Pendidikan
Sebaran tingkat pendidikan KK di Desa Redang didominasi oleh tamatan SD, sedangkan jumlah tamatan SMP dan SMA hampir sama dan sebagian kecil sudah menempuh jenjang pendidikan sarjana. Sebaran tingkat pendidikan KK ini lebih kurang mencerminkan sebaran tingkat pendidikan penduduk berdasarkan data pada buku RPJMD Redang.
Sebaran Tingkat Pendidikan Penduduk Redang 

Tingkat pendidikan penduduk dalam 10 tahun terakhir dirasakan sudah jauh meningkat. Kelompok pemuda di Desa Redang, khususnya yang telah memiliki tingkat pendidikan tinggi (diploma atau sarjana), cenderung merantau ke kota besar atau wilayah provinsi lain, seperti Pekanbaru, Medan, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau. Hanya sekitar 5% kaum pemuda yang berpendidikan tinggi menjadi petani di desa. Kaum pemuda yang tidak berpendidikan tinggi cenderung tetap tinggal di desa dan mengelola kebun.

Etnis
Mayoritas etnis penduduk Desa Redang adalah suku Melayu (95%) dan selebihnya merupakan kaum pendatang dari berbagai etnis, seperti Jawa dan Batak. Kaum pendatang yang menjadi penduduk tetap biasanya terjadi karena pernikahan dengan warga setempat.

Previous
« Prev Post